Minggu, 18 Desember 2011

AS Roma vs San Paolo

NAPLES - AS Roma memberikan mimpi buruk bagi tim kuda hitam Serie A, Napoli di markasnya San Paolo. Skuad Serigala Ibukota sukses mempermalukan tuan rumah dengan skor meyakinkan 3-1.

Napoli menjamu Roma pada giornata ke-16 Serie A, Senin (19/12/2011) dini hari WIB. Dalam laga ini, kedua tim sama-sama bermodalkan hasil imbang di laga sebelumnya. Napoli ditahan Novara, sementara Roma datang dengan modal imbang melawan pemuncak klasemen sementara, Juventus.

Namun, dewi fortuna nampaknya enggan berpihak kepada Il Partenopei di laga kali ini. Terbukti, laga baru berlangsung tiga menit, Roma sudah berhasil unggul melalui gol bunuh diri kiper Morgan de Sanctis. Erik Lamela menjadi aktor utama dibalik gol tersebut, setelah tendangan mendatarnya membentur bek Napoli, Salvatore Aronica dan kemudian memantul ke arah Morgan de Sanctis, sehingga bola meluncur ke gawangnya sendiri. 1-0 untuk Roma.

Tersentak dengan gol cepat Roma, kubu Napoli langsung merespon. Marek Hamsik dua kali menebar ancaman dalam kurun waktu satu menit (4’ & 5’). Sayang, dua upaya playmaker Slovakia ini masih bisa digagalkan kiper Maarten Stekelenburg. Menit ke-24, Hamsik kembali harus gigit jari. Memanfaatkan umpan Juan Camilo Zuniga, eksekusi Hamsik gagal membuahkan gol, meski gawang sudah kosong.

Nasib nahas kembali diterima Napoli, ketika Ezequiel Lavezzi gagal mencetak gol meski sudah mengecoh Stekelenburg di menit ke-34. Tendangan striker asal Argentina ini membentur mistar. Klub yang akan berhadapan dengan Chelsea di babak 16 besar Liga Champions ini benar-benar sedang sial.

Roma sendiri bukan tanpa peluang. Di menit ke-38 misalnya, Danielle De Rossi memberikan umpan manis kepada Pablo Osvaldo. Namun, striker Italia berdarah Argentina ini gagal mengkonversinya menjadi gol. Tiga menit berselang, giliran Lamela yang gagal memaksimalkan peluang yang didapatnya. Kali ini eksekusi yang dilepaskannya masih membentur tiang gawang. Skor 1-0 untuk Roma bertahan hingga jeda.

Di interval kedua, Napoli menggebrak dengan mencetak gol balasan saat laga baru memasuki menit ketiga. Sayang, gol yang dicetak Christian Maggio setelah memaksimalkan umpan Hamsik, dianulir wasit yang menilai bek Italia tersebut terlebih dulu melakukan pelanggaran terhadap Leandro Greco. Napoli pun urung mencetak gol balasan.

Saat tengah gencar mengejar ketertinggalan, Napoli justru harus kebobolan lagi. Memasuki menit ke-59, Roma sukses menggandakan keunggulannya setelah umpan cantik Francesco Totti diselesaikan dengan baik oleh Osvaldo dari jarak dekat. 2-0 Roma semakin menjauh.

Tersengat dengan gol kedua tersebut, Napoli terus menggeber serangan demi menjaga muka di hadapan publik sendiri. Di menit ke-71, Zuniga melepaskan umpan matang yang langsung disambar Edinson Cavani, namun sayang arah bola masih mengarah tepat ke pelukan Stekelenburg.

Cavani kembali menebar ancaman satu menit berselang. Namun, kali ini tendangan keras yang dilepaskannya hanya menerpa sisi gawang. Akhirnya kerja keras para punggawa Napoli membuahkan hasil pada menit ke-83. Lagi-lagi, Zuniga mengacak-acak pertahanan Roma dan kemudian melepaskan umpan ke kotak penalti. Kali ini, Hamsik tidak menyia-nyiakannya dengan melepaskan tembakan ke arah pojok gawang Stekelenburg.

Skor 1-2 membakar semangat para punggawa Napoli untuk membalikkan keadaan di sisa tujuh menit laga. Serangan sporadis pun terus dilancarkan. Namun apesnya, bukannya mencetak gol penyeimbang, Napoli justru harus kembali kecolongan gol. Fabio Simplicio memastikan kemenangan Roma berkat golnya di masa injury time, setelah tendangannya mengenai Paolo Cannavaro dan berbelok arah ke dalam gawang De Sanctis. Keunggulan 3-1 untuk Roma pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Dengan kemenangan ini, Roma sukses meroket naik empat strip ke posisi tujuh klasemen sementara dengan raihan 21 poin, atau memiliki koleksi poin sama dengan Napoli yang terpaku di posisi enam. Namun, kubu Azzurri unggul dalam selisih gol.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management