Minggu, 18 Desember 2011

SM Sapu Bersih Kemenangan


nblindonesia.com - 18/12/2011

Kalahkan Aspac, Faisal Sumbang 30 Poin

Tidak ada kata lain bahwa Satria Muda Britama Jakarta harus berterima kasih kepada Faisal Julius Achmad. Lewat penampilannya, point guard utama SM tersebut membantu timnya memukul Aspac Jakarta 72-62.

Hasil itu membuat SM menjadi satu-satunya tim yang menyapu bersih seluruh kemenangan di seri I Flexi NBL Indonesia 2011 - 2012. Faisal memang luar biasa.

Bermain 36 menit, point guard tim nasional di SEA Games XXVI/2011 itu berhasil mencetak 30 poin. Senjata utama pemain 30 tahun tersebut adalah tembakan tiga angkanya yang akurat. Dia meraup 18 poin dari tembakan three point. Secara keseluruhan, SM mampu memasukkan delapan tembakan tiga angka. Enam di antaranya, sumbangan Faisal.

Faisal sendiri menolak mengatakan bahwa kemenangan SM semata-mata adalah andilnya. ''Mungkin saya sedang harinya saja. Sedang in zone. Ini kan permainan tim. Jadi, kemenangan ini adalah kemenangan tim,'' kata Faisal yang ditemui di ruang ganti pemain setelah game

Tembakan-tembakan tiga angka Faisal, terutama di kuarter keempat, memang membuat drop mental pemain Aspac. Padahal, Aspac hanya tertinggal tiga poin saat pertandingan menyisakan empat menit. Namun, saat hendak mendekat, Faisal berkali-kali bisa membuyarkan usaha Aspac.

Faisal menyatakan sudah kembali ke bentuk permainan terbaiknya. Sebab, menjelang SEA Games, dia cedera jari tengah tangan kiri. Hal itulah yang membuat pemain bertinggi 180 cm itu tidak maksimal pada multieven Asia Tenggara dua tahunan tersebut.

''Namun, saya harus terus meningkatkan lagi permainan ini. Saya akan terus belajar agar terus semakin lebih baik. Kami senang bisa menyapu bersih lima kemenangan di seri pertama ini,'' imbuh Faisal.

Pelatih SM Octaviarro Romely Tamtelahitu mengatakan, meski bermain baik, sejatinya kemampuan Faisal masih hanya 70 persen. ''Kredit besar untuk semua pemain. Banyak yang harus kami perbaiki lagi. Terutama turn over kami yang masih berantakan,'' kata Ocky.

Ocky boleh mengatakan bahwa Faisal bukanlah faktor absolut kemenangan timnya. Namun, apa yang tersaji di lapangan berkata lain. Kehilangan center timnas Rony Gunawan sangat mengganggu strategi SM yang mengandalkan pick and roll. Di sisi lain, big man pengganti, terutama Christian Ronaldo Sitepu, tidak serakus Rony dalam hal poin.

Sementara itu, pelatih Aspac Tjetjep Firmansyah mengakui bahwa Faisal menjadi pemain terbaik dalam pertandingan kemarin. Namun, Tjetjep mengkritik kepemimpinan wasit yang tidak baik hingga membuat timnya kehilangan momentum dalam pertandingan kemarin.

''Padahal, pertandingan berlangsung sangat baik. Sayang sekali. Tetapi, anak-anak sudah bermain bagus. Kami akui, Faisal bermain bagus. Poinnya tinggi banget,'' ujar Tjetjep.

Dua kubu bertekad akan secepatnya memperbaiki penampilan. Sebab, Seri II NBL Indonesia akan berputar mulai 7 Januari mendatang.

Sementara itu, Muba Hangtauh IM pantas menyandang status kuda hitam paling maut. Secara gemilang, Ary Sapto dkk mengandaskan perlawanan Stadium Jakarta dengan skor 79-75.

Ary Sapto kembali menjadi bintang tim dengan donasi 21 poin dan 7 rebound. Point guard muda Hardianus juga bermain baik dengan sumbangan empat assist, terbanyak di timnya. Selain itu, Hardianus juga menyumbangkan tujuh poin.

''Saya tahu game akan sangat ketat meski awalnya kami unggul jauh. Saya bersyukur bisa menang,'' ujar Pelatih Muba Nathaniel Canson usai pertandingan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management